close
pasang iklan

Rabu, 05 Februari 2020

Gunung Di Indonesia Yang Cocok Untuk Para Pendaki Pemula 

Sebagai negara yang berada di ring of fire, Indonesia ini punya banyak sekali gunung tinggi, baik yang masih aktif atau tidak. Keberadaan gunung - gunung di indonesia itu pula menarik minat para penyuka kegiatan pendakian gunung. Mulai dari yang pemula hingga yang sudah berpengalaman. Nah, dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia ini beberapa yang ada adalah gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula. Bisa dibilang, beberapa gunung ini bisa digunakan untuk berlatih kalian-kalian yang ingin menjadi pendaki gunung berpengalaman.
Simak baik-baik ya! Ini dia gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula! Kalian mau coba yang mana?

1. Gunung Papandayan Di Garut Dengan Ketinggian 2.265 mdpl


Gunung Papandayan cocok untuk pendaki pemula
Gunung yang berada di Garut, Jawa Barat ini adalah salah satu gunung favorit untuk pemula. Terutama untuk yang tinggal di Garut dan sekitarnya. Akses transportasi umum untuk menuju titik pendakian cukup mudah dan banyak
Gunung Papandayan juga merupakan gunung yang mempunyai banyak kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Tidak ketinggalan di gunung ini juga terdapat padang Edelweis luas yang dikenal dengan nama Tegal Alun. Tapi ingat, Bunga Edelweisnya jangan dipetik ya.
Selain kawah dan padang bunga edeleweis tadi, Gunung Papandayan juga punya kawasan hutan mati yang ngehits karena tempatnya memang fotogenik dan pemandangannya keren. Jadi, kalau kesini sebaiknya bawa kamera yang mumpuni untuk mengambil pemandangan hutan mati.
Untuk mendaki gunung papandayan kira-kira perlu waktu sekitar 4-5 jam dengan kombinasi alur trekking yang naik dan landai. Puncaknya sendiri berada di ketinggian 2.665 mdpl. Sebaiknya tetap persiapkan kondisi fisik dengan baik agar pendakian tetap aman.

2. Gunung Andong Dengan Ketinggian 1.762 mdpl Yang Ada Di Magelang


Gunung Andong Dengan Ketinggian 1.762 mdpl Yang Ada Di Magelang by IG @ridwanadhim
Gunung Andong ini lokasinya berada tidak jauh dari Yogyakarta. Berada di Magelang, Jawa Tengah, merupakan gunung yang cocok buat belajar mendaki pertama kali. Apalagi Gunung Andong ini tingginya hanya sekitar 1.726 mdpl.
Gunung ini menawarkan pemandangan menawan di puncaknya, pastinya latihan mendaki disini bakal menyenangkan. Selain itu jalur pendakiannyanya mudah dan jelas, dilengkapi sejumlah papan penunjuk. Karena itu untuk pemula yang ingin mengenal lebih dekat dengan kegiatan pendakian, nggak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung Andong.
Untuk perkiraannya, dari basecamp sampai ke puncak, akan memerlukan waktu sekitar 2 jam berjalan kaki. Jadi kalian bahkan bisa melakukan pendakian dalam waktu sehari untuk yang berpengalaman. Perjalanan cukup singkat, dan kalian bisa langsung pulang tanpa perlu bermalam.
Namun demikian, disarankan untuk kalian camping di sini. Gunung Andong ini memiliki pemandangan sunrise yang luar biasa. Pada hari yang cerah, Dari puncaknya, kalian akan bisa melihat Sindoro-Sumbing serta Merapi-Merbabu yang mengelilingi gunung ini. Hindari mendaki ketika hari libur, karena bagian puncaknya bakal diserbu oleh para pendaki.

3. Gunung Prau Dengan Ketinggian 2.565 mdpl Yang Ada Di Dieng


Untuk yang belum tahu, konon Gunung Prau ini adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia loh! Nggak heran kalau Gunung Prau ini menjadi tempat favorit pecinta alam untuk berkemah sambil menanti matahari terbit yang menawan. Ditambah lagi, dalam cuaca cerah, dari puncak Gunung Prau kalian bisa melihat puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan.
Untuk menuju puncaknya, jalur pendakian Gunung Prau tersingkat yang bisa kalian lewati adalah dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Kira-kira setelah melakukan pendakian selama kurang lebih tiga jam perjalanan, kalian akan menginjakkan kaki di puncak yang tingginya 2.565 mdpl, dan menikmati keindahan alam dari sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GUNUNG SUMBING

Menawarkan keindahan alam yang tiada duanya dengan trek pendakian yang cukup menantang, menjadikan Gunung Sumbing sebagai salah satu tuju...